Macam macam Rumus Microsoft Excel yang sering digunakan.
Macam Macam Rumus Rumus Microsoft Excel Dan Cara Menggunakannya
Salam Literasi..
Dalam suatu aplikasi, pasti setiap aplikasi mempunyai yang
namanya Rumus, Terutama pada macam macam Aplikasi Microsoft Office. Salah
satunya adalah Microsoft Excel dimana di dalam Microsoft Excel Terdapat banyak
Rumus rumus yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaaan anda.
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah
program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi
ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.
Microsoft Excel juga
merupakan suatu perangkat lunak yang ada pada setiap komputer yang berisi
tentang pengerjaan pekerjaan kantor yang banyak menggunakan rumus rumus untuk
menyelesaikannya.
Dan Rumus rumus itu akan kita bahas dalam kesempatan Blog
kita hari ini yang akan membahas tentang Rumus Rumus di Microsoft Excel. Dan
kita akan membahas:
14 Rumus Microsoft Excel yang sering di gunakan.
Kita mulai dari rumus yang paling mudah
1. Rumus yang pertama adalah Rumus Sum
Sum merupakan
suatu rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data dalam range. Sum ini adalah
rumus yang familiar, yang sering di gunakan daripada rumus yang lainnya.
Cara
menggunakannya adalah
Ketik =Sum(range
yang ingin kita jumlahkan) lalu enter.
2. Rumus yang kedua adalah Rumus Count
Count merupakan
suatu rumus yang di gunakan untuk menghitung banyaknya data pada range.
Cara
menggunakannya adalah
Ketik
=Count(range yang ingin kita hitung datanya) lalu enter.
3. Rumus yang ketiga adalah Rumus Average
Average merupakan
suatu rumus yang di gunakan untuk mencari nilai rata rata di dalam kumpulan
data pada range.
Cara
menggunakannya adalah
Ketik =Average(
pilih range yang akan kita hitung rata ratanya ) lalu enter.
4. Rumus yang ke empat adalah Rumus IF
IF merupakan
suatu rumus/fungsi logika pada Microsoft Excel yang memudahkan kita untuk
mengamibil suatu pernyataan berdasarkan peebandingan kriteria tertentu.
Cara
menggunaknnya adalah
Ketik =IF((pilih
sel nilai)>=(ketik nilai);"A";IF((pilih sel nilai)>=(ketik
nilai);"B";"C").
Rumus diatas
dalam artian misal jika nilainya 90 maka jika >=( lebih besar dari sama
dengan ) hasilnya A. Begitu juga seterusnya.
Nah, dari sekian banyak rumus diatas semoga kalian dapat
bisa memahinya dengan baik dan benar, dan bisa mencontohkan rumusnya dengan
benar.
Karena Rumus diatas Baru 4, Maka Rumus 10 yang lainnya akan
saya bahas pada blog selanjutnya. Mungkin sekian dulu dari blog ini.
Jika terdapat salah paham, kalian bisa hubungi saya di
Contact Form di bawah
Thanks for support
Salam Sukses!!
Post a Comment